Komponen komputer

Nama saya felix Christian Hananto/13 dari 8F

Web saya akan menjelaskan tentang bagaimana komponen-komponen komputer bekerja seperti intregrated GPU,CPU,motherboard dan GPU dan apa itu liquid cooling dan fungsi-fungsi nya



  1. Unit Pemrosesan Pusat (CPU)

CPU adalah otak komputer. Di bagian atas, kita memiliki penutup yang disebut penyebar panas terpadu, dan di dalamnya terdapat paket logam yang lebih kecil yang menampung sirkuit terpadu, secara teknis disebut die. Die ini dipasang pada papan sirkuit cetak yang mendistribusikan 1200 titik koneksi ke landasan yang berhubungan dengan susunan grid landasan di motherboard.





















2. Sirkuit Terpadu
Sirkuit terpadu di dalamnya memiliki beberapa bagian yang berbeda, tetapi mungkin yang paling dikenal adalah 10 inti di mana program dan instruksi dijalankan. 












3. Transistor
 Transistor ini sangat kecil, hanya beberapa nanometer lebarnya, dan di dalam die ini terdapat sekitar 8 hingga 10 miliar transistor. Di atas transistor, terdapat beberapa lapisan kawat logam dengan vias yang naik secara vertikal antara lapisan-lapisan tersebut. Bersama-sama, transistor dan kawat-kawat ini membentuk labirin multilapis atau jalan raya yang menghasilkan komputer yang dapat menjalankan miliaran operasi setiap detik.


4. *Bagian Lain dari CPU*
Di samping setiap inti, terdapat cache memori L3 bersama dan interkoneksi cincin

Di sebelah kanan adalah pemroses grafis terintegrasi yang berfungsi sebagai GPU yang lebih lemah dari pada GPU biasa

Di bagian kiri atas adalah pengontrol memori yang mengirimkan data ke dan dari DRAM




 dan akhirnya, di sebelah kiri jauh adalah agen sistem dan I/O platform, yang berkomunikasi dengan Chipset di motherboard dan mengatur aliran data antara banyak komponen lain dalam PC Anda.


Motherboard
 adalah sebuah papan sirkuit cetak yang besar dengan ribuan kabel yang berjalan di dalamnya dan berbagai macam mikrochip, komponen, soket, port, slot, header, dan konektor yang disolder padanya.
komponen yang paling penting dan mahal, selain dari PCB kosong, adalah
Chipset. Sirkuit terintegrasi ini terletak di bawah heatsink di sini dan terhubung langsung ke bagian agen sistem di CPU.



Berikut adalah diagram yang menggambarkan bagaimana CPU dan chipset terhubung dengan segala hal yang lain. Seperti yang terlihat di sini, CPU terhubung langsung ke DRAM, satu atau dua layar, GPU, dan mungkin beberapa SSD yang terpasang ke slot M2.

Pengelolaan Chipset
Chipset mengelola hampir semua hal lainnya: data yang mengalir melalui ethernet atau Wi-Fi, data yang pergi dari dan menuju solid state drive dan hard drive yang terpasang ke port SATA, beberapa slot PCIe, keyboard dan mouse Anda, perangkat USB, dan audio yang dikirimkan ke speaker atau dari mikrofon.

DRAM

Data dapat diakses dalam hitungan nanodetik di DRAM. Namun, di antara 8 chip ini, hanya 16 Gigabyte data yang dapat disimpan secara sementara.



SSD

SSD menyimpan data secara permanen dalam array 3D yang disebut 3D NAND. Array ini memiliki tinggi 100 hingga 200 lapisan, lebar 32 hingga 64 ribu kolom, dan kedalaman 32 hingga 64 ribu baris. Selain itu, di dalam satu chip SSD seperti ini, terdapat beberapa array 3D NAND yang ditumpuk satu di atas yang lain. Akibatnya, satu mikrochip dapat menyimpan terabyte data. Namun, membaca atau menulis data memakan waktu sekitar 50 mikrodetik, yang 3000 kali lebih lambat dari DRAM. Ketika memperbesar sel memori SSD tunggal, kita menemukan perangkap muatan yang menyimpan tingkat muatan yang berbeda, memungkinkan penyimpanan data hingga 3 bit dengan lebih permanen. Melihat NVMe dan SATA SSD, keduanya memiliki beberapa chip penyimpanan data 3D NAND, chip DRAM untuk buffering dan menyimpan tabel pemetaan data, dan chip pengontrol.

Hard Disk Drive


Di sini kita memiliki piringan yang dipasang pada spindle dengan motor yang memutar piringan dengan ribuan putaran per menit. Kepala baca-tulis bergerak melintasi piringan untuk mengakses satu trek dari setengah juta trek data lainnya. Mari kita perbesar kepala baca-tulis. Kepala tulis mengubah arah domain magnetik terlokalisasi dalam lapisan kecil di piringan, sedangkan kepala baca mendeteksi perubahan domain magnetik tersebut. Hard disk drive ini bahkan lebih lambat daripada SSD, memakan waktu beberapa milidetik untuk mengakses, sehingga menghasilkan waktu baca dan tulis yang lebih lambat tetapi dengan biaya yang lebih rendah per terabyte penyimpanan.


Mouse Komputer

Sejauh ini, kami telah membahas semua perangkat keras di dalam komputer Anda. Jadi, terima kasih telah menonton sampai di sini, dan sebagai bonus, inilah tampilan dari dalam mouse komputer: dengan roda gulir di bagian atas, cahaya inframerah, sensor gambar, dan beberapa lensa di sini, serta baterai dan prosesor di tengahnya.

Kartu Grafis

Saat membuka kartu grafis, kita melihat PCB lain, dengan sirkuit terpadu GPU di tengah, chip VRAM di sekelilingnya, dan modul regulator tegangan di sisi. Di atas IC terdapat heat sink dengan kipas untuk membuang panas, dan di sisi kartu grafis terdapat HDMI dan Display Ports, antarmuka PCIe, dan di sisi lainnya terdapat 
konektor daya masukan.



Sirkuit Terpadu GPU

Terdapaqt sebuah sirkuit terpadu GPU yang, mirip dengan CPU, memiliki lebih dari seribu pad solder yang menghubungkannya ke PCB. Saat membuka kemasan, kita menemukan die GPU yang jelas berbeda dari CPU. Di dalamnya terdapat sekitar 11,8 miliar transistor yang terorganisir ke dalam 6 kelompok pemrosesan grafis, dengan total 28 multiprosesor streaming. Setiap multiprosesor streaming terdiri dari 128 inti, sehingga totalnya ada 3.584 inti. Setiap inti memiliki bagian untuk aritmetika integer dan floating-point, serta bagian untuk mengantre operand dan mengumpulkan hasil, dan jauh lebih sederhana daripada inti CPU. Selain itu, di dalam die terdapat cache memori L2 yang dibagi oleh semua kelompok pemrosesan grafis, sekumpulan pengendali memori yang terhubung ke VRAM yang berada di sekitar prosesor, dan antarmuka PCIe untuk menghubungkan ke CPU.

GPU vs CPU

GPU dan CPU mirip dalam banyak hal. Namun, GPU memiliki ribuan inti yang terbatas pada operasi aritmetika dasar, sedangkan CPU hanya memiliki beberapa inti yang melakukan operasi yang jauh lebih rumit. Selain itu, CPU memiliki prediksi cabang dan pipa yang dalam untuk mengoptimalkan eksekusi kode.

Pemrosesan GPU

Berikut adalah contoh apa yang dapat dilakukan oleh GPU. Ambil contoh gambar ini yang terdiri dari 16 juta piksel, masing-masing memiliki nilai RGB. Salah satu cara sederhana untuk mencerahkan gambar adalah dengan menambahkan 20 pada setiap angka ini. CPU memiliki 10 inti dan melakukan operasi aritmetika pada 10 angka sekaligus, sedangkan GPU mendistribusikan data ke ribuan inti sehingga melakukan pemrosesan paralel dengan skala yang lebih besar.

Model 3D

Mari bicara sebentar tentang model 3D. Perlu diperhatikan bahwa ini adalah model kartu grafis yang agak lebih lama karena kami membeli sebagian besar perangkat keras kami sebagai komponen yang tidak berfungsi dari eBay, dan kemudian, seperti yang ditunjukkan sebelumnya, kami membongkar mereka dengan cara yang agak merusak untuk membuat model yang akurat. Selain itu, terkadang komponen yang ditampilkan tidak kompatibel, seperti motherboard ini yang menunjukkan DDR4, sedangkan DRAM-nya adalah DDR5.


Voltage Regulator Module 

Mari kita lanjutkan dan lewati berbagai soket dan konektor yang berbeda di seluruh motherboard dan fokus pada modul regulator tegangan atau VRM yang terletak dekat dengan CPU. Komponen ini digunakan untuk menurunkan tegangan yang datang dari pasokan daya menjadi 1,3 volt yang digunakan oleh CPU. Akibat dari semua daya yang mengalir melalui komponen-komponen ini dan efisiensi 80 hingga 90 persen, heat sink harus ditempatkan di atasnya.

Pendingin CPU 

Ketika kita membahas daya, CPU ini mengonsumsi daya yang setara dengan sekitar 16 bohlam LED, sehingga menghasilkan jumlah panas yang cukup banyak yang diambil oleh pendingin CPU. Pendingin CPU ini menggunakan pompa untuk mengalirkan cairan melalui tabung-tabung ini dan masuk ke saluran radiator yang mentransfer panas ke sirip-sirip radiator. Kemudian kipas membantu mentransfer panas ke udara dan cairan yang sudah didinginkan kembali ke pompa melalui jalur pengembalian. Pompa ini merupakan motor DC tanpa sikat yang terdiri dari PCB, chip kontrol, dan stator di sisi kering.


Comments

Post a Comment